Two-way OLED display yang juga solar cell

Seperti yang sudah diramalkan banyak orang, salah satu kandidat kuat penguasa teknologi tampilan untuk masa depan adalah OLED. Teknologi ini murah, bentuknya fleksibel, dan bahkan bisa dibuat transparan. Betul-betul dasar dari teknologi yang akan menghasilkan berbagai gadget ‘keren’.

Tetapi sepertinya semua tidak akan berhenti disitu. Baru-baru ini para peneliti dari Cornell Univeristy sudah mengembangkan versi baru dari OLED yang tidak hanya memancarkan cahaya, tetapi juga bisa menyerap tenaga matahari untuk menghasilkan energi listrik.

Kita bisa tinggalkan segala macam istilah teknis-nya, bagaimana hal tersebut dimungkinkan; tetapi kemungkinan yang terbuka dari pengembangan teknologi ini memang bisa membuat para penggemar science fiction berdecak kagum. Mulai dari jendela kamar yang bisa memberikan supply listrik pada rumah, sampai dengan gadget mini berlayar cerah yang tidak perlu baterai.

Sekarang yang harus kita lakukan adalah menunggu. (Meskipun para peneliti itu meng-klaim bahwa mereka sedang mengembangkan cara untuk bisa memproduksi benda ini secara massal dengan murah).

[Via Gadgetbox]

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll to Top