Apakah Anda pernah bertanya-tanya: Apa arti tanda tanya terbalik? Bagaimana cara memunculkannya di komputer¿ Dan bagaimana cara membuat tanda tanya terbalik di HP?

Mereka yang mencari jawaban: arti tanda tanya terbalik adalah…? Biasanya juga bertanya apakah memang ada gunanya ataukah hanya untuk seru-seruan saja?

Jadi marilah kita mulai cerita ini.

Arti Tanda Tanya Terbalik Adalah?

Kita semua kenal karakter ini → “?” Tanda tanya dalam bahasa Inggris adalah question mark. Tanda tanya digunakan untuk mengakhiri kalimat tanya, tentu saja. Tetapi ada variasi dari karakter ini yang tidak terlalu dikenal: tanda tanya terbalik.

Adanya sebuah karakter dalam daftar huruf yang bisa digunakan secara digital tentunya ada fungsinya – meskipun fungsi tersebut tidak umum dipakai. Salah satu contohnya adalah tanda tanya terbalik font (upside down question mark atau inverted question mark) seperti ini “¿”.

Tanda ini digunakan khususnya dalam bahasa Spanyol (Spanish) – dan beberapa bahasa lain yang punya hubungan budaya dengan bahasa Spanyol – untuk memulai kalimat tanya. Tanda ini memiliki pasangan yaitu tanda tanya biasa yang diletakkan di akhir kalimat tanya.

Jadi jelasnya, kalimat tanya dalam bahasa Spanyol akan diapit oleh dua tanda tanya – tanda tanya kebalik di awal dan tanda tanya biasa di akhir. Sementara kalimat tanya pada bahasa lain hanya diakhiri oleh tanda tanya biasa.

Misalnya: “Who are you?” dalam bahasa Inggris jika diterjemahkan dan dituliskan dalam bahasa Spanyol akan menjadi “¿Quién eres tú?”.

Secara logika, cara menuliskan kalimat seperti ini mirip dengan penulisan bahasa komputer dimana suatu kelompok kode selalu dibuka dan ditutup dengan perintah yang sama sehingga tidak membingungkan komputer untuk membedakan dengan kelompok yang lain. Misalnya dalam kode HTML, untuk menebalkan suatu kata/frasa adalah mengapit kata/frasa tersebut dengan perintah bold seperti ini “<bold>frasa yang akan ditebalkan</bold>”.

Cara Memunculkan Tanda Tanya Terbalik

Hampir bisa dipastikan bahwa semua sistem operasi memiliki karakter tanda tanya terbalik dalam daftar font-nya. Tetapi karena karakter ini tidak umum digunakan, dia tidak ada di daftar karakter di permukaan keyboard yang ada di pasaran. Karena itu dibutuhkan usaha yang sedikit lebih untuk bisa menampilkannya.

Caranya, Anda bisa membuka Character Map (di komputer Windows), mencari sang tanda tanya terbalik dari daftar font yang tersedia, select dan copy, lalu paste di tempat Anda menginginkannya.

Hmm, sedikit merepotkan, ya?

Untungnya, ada cara cepat yang bisa digunakan. Yaitu dengan kombinasi shortcut di keyboard.

1. Yang paling mudah adalah menggunakan kombinasi tombol-tombol ini di Mac: Shift + Option + ? (Atau di Windows: Shift + ALT + ?) yang ditekan pada saat bersamaan. 

tanda tanya terbalik - alt key

2. Jika metode nomer 1 tidak bisa dipakai di komputer Anda, boleh coba alternatif kode Alt-nya. Caranya: tekan tombol Alt, lalu tanpa melepas tombol itu, ketikkan “168“. Kombinasi ini mungkin berbeda untuk beberapa komputer. Bisa juga dicoba Alt+0191 atau Alt+6824.

3. Khusus untuk Microsoft Word, ada shortcut lain yang bisa digunakan. Tekan Ctrl + Alt secara bersamaan, lalu tekan tombol Shift + ?.

4. Yang satu ini anggaplah sebagai bonus. Pengaturan keyboard untuk pengguna mobile sepertinya lebih fleksibel karena dia bisa diatur untuk memunculkan karakter sesuai kebutuhan. Tetapi daripada repot-repot mengubah pengaturan dan/atau mencari karakter tersebut hanya untuk satu-dua kali penggunaan, akan lebih praktis untuk menggunakan tools text generator baik yang berupa native app yang di-install atau juga web app yang bisa dibuka dengan menggunakan browser.

tanda tanya terbalik - text generator

¿Bagaimana Cara Membuat Tanda Tanya Terbalik di HP?

Karena di zaman now ini kebanyakan dari kita menggunakan HP, maka mari kita intip juga bagaimana cara membuat tanda tanya terbalik di HP.

Jawabannya sederhana sekali karena memang jauh lebih mudah melakukannya di HP.

  • Tekan dan tahan simbol tanda tanya di keyboard virtual di HP. Dia akan memunculkan variasi karakter yang bisa dipilih.
  • Geser jari Anda ke karakter yang diinginkan.
  • Tips: trik ini juga bisa digunakan untuk memunculkan karakter-karakter lain yang tidak umum seperti tanda seru terbalik, misalnya.

Waktunya Unjuk Kemampuan

Normalnya, kita di Indonesia tidak akan pernah menggunakan karakter ini dalam tulisan resmi. ¿Tetapi tidak ada yang melarang penggunaannya untuk seru-seruan, bukan?

Bisa saja kamu menggunakan tanda tanya terbalik untuk mempercantik blog pribadi di Instagram, atau menulis blog, misalnya.

Sekarang waktunya unjuk kemampuan kepada teman dan sahabat. ¿Begitu, kan maunya?

¿¿¿¿¿

¿Sudah cukup…?

Hehehehe.

4 replies on “Apa Arti Tanda Tanya Terbalik¿ Bagaimana Cara Membuatnya¿

Leave a Reply

Your email address will not be published.