Surfing tanpa jejak

Para hacker yang tergabung dalam kelompok ahli keamanan dan privasi bernama Hactivismo, memodifikasi browser Portable Firefox (versi Firefox yang bisa dijalankan lewat USB drive) menjadi browser baru bernama Torpark.

Keistimewaan browser ini adalah anda bisa menggunakannya untuk melakukan browsing tanpa jejak. Maksudnya, setiap beberapa menit browser ini akan mengubah IP komputer anda sehingga akan sulit dilacak. Hal ini dilakukan dengan mengalirkan data yang ter-enkripsi dari komputer anda melalui The Online Router, sebuah jaringan server dunia yang dikenal dengan nama Tor.

Tujuan dibuatnya browser ini adalah karena Hactivismo menganggap bahwa saat ini teknologi baru semakin sering mengumpulkan data penggunanya. Dengan menggunakan Torpark, anda tidak perlu takut jejak anda diikuti oleh berbagai aplikasi atau layanan di dunia maya.

Yang perlu diperhatikan adalah bahwa browsing menggunakan Torpark akan sedikit lebih lambat jika dibandingkan dengan menggunakan browser lain dengan kecepatan koneksi yang sama. Selain itu, meskipun IP address anda akan sangat sulit dilacak, tetaplah berhati-hati dalam menggunakan data-data pribadi di internet.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll to Top