Judul di atas bukanlah ocehan ‘ngaco’ seorang anak yang baru belajar alfabet. Itu adalah prediksi pergeseran trend di dunia selular. Setelah Apple meraup sukses besar dengan iPhone-nya, Google juga tidak mau kalah dan mengumumkan ikut sertanya dia di pertarungan dunia telepon genggam dengan meluncurkan produk gPhone.

Sejauh ini perwujudan gPhone barulah berupa sistem operasi yang masih dalam pengembangan yang diberi kode nama Android dan sebuah usaha untuk membelokkan arah perkembangan perangkat lunaknya ke dunia open source.

Para pengamat memprediksikan bahwa Android akan muncul sebagai sebuah aplikasi komersial paling cepat pertengahan kedua tahun depan. Tetapi rumour sudah berkembang dengan sangat pesat di dunia maya. Salah satunya adalah bahwa yang akan menjadi prototype pertama gPhone adalah HTC Omni (lihat gambar di bawah).

Yang jelas, Google sudah melakukan taktik yang selama ini dijalankan dengan sukses oleh Apple sebelum meluncurkan setiap produknya dengan sukses: “Bocorkan sedikit info, biarkan meluas dengan sendirinya sebagai gosip di dunia maya.”

Tags: gphone, android, open-source

Posted by:thurana

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.