Perjalanan Menjadi SEO Content Writer Terbaik di Indonesia

Meskipun ada banyak jenis konten di internet, mulai dari teks, audio, grafik, sampai video; otak dari semua mesin pencari masih sangat mengandalkan konten berbentuk teks tertulis untuk menemukan dan menampilkan apa yang diinginkan oleh para pengguna internet. Kecerdasan buatan yang digunakan Google dan kawan-kawan sudah berkembang menjadi sangat pintar, tetapi masih belum cukup pintar untuk bisa membaca dan mengindeks gambar dengan baik, apalagi video. Jadi jika Anda (atau perusahaan Anda) ingin ditemukan di Internet – baik lewat konten yang panjang atau juga iklan yang pendek, fokuslah untuk mengoptimalkan versi tulisan dari konten. Fokuslah untuk menemukan SEO Content Writer terbaik yang bisa membantu Anda.

Apakah SEO Content Writer itu? SEO Content Writer adalah profesi yang bertugas untuk menulis konten berkualitas yang memberikan jawaban yang paling relevan untuk pertanyaan pengguna internet dan karena itu akan otomatis teroptimalkan secara SEO dan bisa muncul sebagai hasil pencarian terdepan.

Tentu saja jawaban tersebut sangat menyederhanakan proses rumit yang terjadi di belakang layar. Jika tertarik untuk mengatahui langkah demi langkah untuk menghasilkan konten yang teroptimalkan dan layak untuk muncul sebagai hasil pencarian terdepan, silakan simak disini.

Evolusi Menjadi SEO Content Writer Terbaik

Awalnya adalah seorang teman SMA yang memamerkan cerpen tulisan tangannya. “Keren,” kata saya dengan jujur. “Tetapi sepertinya gue juga bisa menulis seperti itu.” Lanjut saya dalam hati.

Seperti semua penulis wannabe pada masa itu, cita-cita awalnya adalah menerbitkan novel karya sendiri. Beberapa tahun, puluhan cerpen (dan satu yang berhasil dipublikasikan), dan beberapa draft novel kemudian, saya memutuskan bahwa dunia non-fiksi ternyata lebih menjanjikan untuk saya sebagai penulis. Alasannya, ketika itu saya sudah mempublikasikan beberapa puluh artikel teknologi di media tanah air seperti PCplus, Sinyal, InfoKomputer, Kompas, dan CnS Magazine.

Saya juga mengembangkan sayap menjadi kontributor untuk beberapa website teknologi internasional seperti MakeUseOf, MakeTechEasier, Beebom, dan Tenorshare. Selain itu, saya juga membantu banyak klien perorangan dan perusahaan kecil untuk urusan web building dan content writing mereka.

Sedikit demi sedikit saya mulai menyadari bahwa content writing untuk internet itu tidak sekedar membuat tulisan yang bagus dan enak dibaca, tetapi ada lapisan-lapisan lainnya. Disitulah awal perkenalan saya dengan SEO.

Saya mulai mendalami SEO dan masih terus belajar berbagai tips dan triknya, mulai dari yang memakai topi berwarna hitam, sampai yang memakai topi putih. Tetapi pada intinya, SEO itu sebetulnya tentang memberikan yang terbaik untuk manusia yang akan mendapatkan manfaat dari konten tersebut, bukan untuk mesin pencari.

Sebanyak dua ratus lebih faktor-faktor yang dirilis secara resmi oleh Google yang akan mempengaruhi peringkat suatu konten di mata Google, semuanya kembali pada satu hal: memberikan yang terbaik untuk penggunanya.

Saat ini, saya masih terus mengasah kemampuan mengoptimalkan konten untuk bisa memberikan yang terbaik untuk mereka yang membutuhkan informasi dari konten tersebut. Meskipun mungkin belum bisa mendeklarasikan diri sebagai seorang SEO Content Writer terbaik di Indonesia, tetapi saya sudah cukup percaya diri untuk menangani beberapa klien yang mempercayakan untuk membawa website mereka dari nol sampai sukses.

Beberapa Contoh Artikel Yang Sudah Dipublikasikan

Apalah artinya cerita panjang lebar tentang perjalanan untuk menjadi seorang SEO Content Writer terbaik jika tidak dibarengi oleh bukti-buktinya? Seperti istilah yang banyak dipakai di WA Grup: no picture = hoax. Disini juga berlaku no bukti = hoax.

Sayangnya banyak artikel-artikel saya yang tidak bisa ditampilkan disini karena tidak ada versi onlinenya, atau websitenya sudah hilang, atau saya terikat dengan NDA dan tidak bisa mengambil kredit sebagai penulisnya. Saya juga masih mencari dan mengumpulkan banyak link yang saat ini masih tercecer yang nantinya akan ditambahkan disini.

Sebagai catatan tambahan, Anda juga bisa melakukan pencarian di Google untuk nama saya “Jeffry Thurana” atau “Y J Thurana”, mungkin ada beberapa yang bisa ditemukan.

Untuk link-link artikel yang sudah bisa ditampilkan disini, berikut adalah beberapa diantara mereka:

MakeUseOf

Profile page dengan link ke artikel-artikelnya.

MakeTechEasier

Profile page dengan link ke artikel-artikelnya.

Beebom

Profile page dengan link ke artikel-artikelnya.

ProductNation

Profile page dengan link ke artikel-artikelnya

Majalah InfoKomputer

Dampak Peraturan Registrasi IMEI Terhadap Konsumen dan Pelaku Bisnis

Facebook Libra dan Usahanya Mendapatkan Kepercayaan

Dan masih banyak lagi yang tidak bisa ditemukan versi onlinenya.

Infodesert

Accessing Windows Apps From All OS with VirtualUI

AriaMed Tour

All You Need to Know About Rhinoplasty Recovery: A Simple Guide