Secangkir Susu Seharga Tiga Milyar Dollar

A Mozambican money changer holds Zimbabwean currency notes on the Zimbabwean-Mozambican border post of Machipanda in Manica, on May 05, 2008.
Apa rasanya memiliki uang sebesar tiga milyar dollar? Rasanya seperti orang yang sanggup membeli secangkir susu – jika ada yang mau menjualnya. Tetapi hal tersebut hanya terjadi di Zimbabwe. Inflasi yang mencapai dua juta persen menghancurkan perekonomian negara tersebut sehingga uang sepuluh juta dollar seperti tidak ada nilainya.

Jadi jika anda ingin tahu bagaimana nikmatnya uang tiga milyar dollar, silakan beli mata uang Zimbabwe. Siapkan sekitar tiga ribu rupiah, karena itulah nilai yang setara dengan tiga milyar dollar Zimbabwe.

Kenapa – meskipun ada segala kekacauan yang terjadi di negara kita – tiba-tiba saya merasa lebih bersyukur tinggal di Indonesia ya?

Baca cerita lengkapnya di sini.

Update – 15 Juli 2008: Mohon maaf, saya salah mentafsirkan satuan ‘pint‘. Seharusnya ‘a pint’ bukan diterjemahkan sebagai satu cangkir tapi lebih mendekati setengah liter. Tetapi untuk menjaga keutuhan cerita posting ini, isi dan judul tetap dipertahankan seperti apa yang sudah tertulis sebelumnya.

Tags: currency, milk, zimbabwe

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll to Top