Salah satu eksperimen ‘aneh’ dalam industri musik dunia dilakukan oleh grup Radiohead. Mereka memajang album terbarunya “In Rainbows” di website mereka untuk didownload secara bebas, dan membiarkan para fans menentukan sendiri berapa harga yang layak dibayarkan untuk album tersebut. Sekarang, berdasarkan riset yang dilakukan sekitar satu bulan lebih, sebuah riset independen menyatakan bahwa sebagian besar pendownload tidak membayar sepeserpun. Tepatnya sekitar 62% dari keseluruhan download. Sisanya, jika dirata-rata, dengan rela merogoh kocek sebesar US$ 6.00 per orang.

Sebagian besar fans menduga bahwa hal ini disebabkan karena tidak adanya pilihan untuk membayar setelah mendengarkan album hasil download. Mungkin banyak orang yang enggan membayar untuk sesuatu yang mereka belum tahu. ‘Membeli kucing dalam karung’ itu istilahnya.

So, apakah usaha ini bisa dibilang gagal total? Tentu saja tidak. Bahkan bisa dibilang sangat berhasil. Meskipun tidak ada jumlah yang pasti berapa banyak, tetapi disebutkan bahwa ada kurang lebih 1,2 juta pengunjung situs download tersebut selama riset dilakukan. Jika setengahnya saja mendownload (yang saya yakin lebih, I mean, siapa yang bisa menolak download album (gratis) dari Radiohead? Lagipula, mereka yang datang pasti bertujuan untuk itu), jumlahnya sudah 600 ribu download. Jika kita bulatkan persentase yang membayar, sekitar 40%, maka Radiohead mendapatkan 40/100 x 600,000 x US$ 6.00. Kita akan mendapatkan 1,44 JUTA Dollar US! Bersih, tanpa perlu biaya produksi CD, biaya promosi, pembagian keuntungan ke pihak label, … bersih! (Dan sekali lagi saya yakin jumlahnya jauh lebih besar dari itu.)

Bukan suatu hasil yang buruk untuk tidak melakukan apa-apa selama sebulan…

Belum lagi promosi yang didapatkan oleh mereka dari berbagai media karena langkah berani yang dilakukannya.

Suatu ide yang bisa dipertimbangkan oleh para artis yang merasa haknya kurang terpenuhi oleh pihak label rekaman. Tetapi memang sepertinya nama Radiohead juga berpengaruh besar pada keberhasilan ini.

Tags: radiohead, in rainbows, download

Posted by:thurana

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.