Nokia akan mengganti Bluetooth

Wibree, Nokia’s new standard, to replace Bluetooth

Untuk mereka-mereka yang masih mengira bahwa bluetooth adalah perangkat handsfree tanpa kabel, mohon segera memperbaiki koleksi kosa-katanya, karena mungkin sebentar lagi anda tidak akan sempat lagi melakukan itu ketika istilah bluetooth sudah tidak digunakan lagi.

Nokia, rajanya produsen perangkat seluler saat ini, sudah menetapkan standard koneksi wireless baru untuk menggantikan bluetooth. Mereka menamakannya Wibree. Meskipun memiliki kemampuan sedikit dibawah generasi terbaru bluetooth yaitu versi 2.0+EDR, Nokia mengklaim bahwa Wibree 10 kali lebih efisien dalam penggunaan energi.

Mereka mentargetkan standard baru ini akan diadopsi secara luas sekitar awal caturwulan kedua 2007. Betul-betul perjudian yang berani, mengingat bahwa standard bluetooth sudah sedemikian diterimanya baik oleh para konsumen maupun produsen sehingga sepertinya siapapun sudah malas untuk berpindah ke lain hati. Pe-we, kalau kata ABG sekarang sih. Apalagi kalau mengintip jumlah investasi yang sudah ditanamkan untuk pengembangan teknologi bluetooth.

Kita lihat saja nanti. Mungkin kita tidak bisa lagi melihat iklan yang berbunyi: Beli handphone berhadiah bluetooth.

technorati tags:technology, mobile, nokia, bluetooth

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll to Top