Merubah nama banyak file foto sekaligus

Liburan sudah selesai, yang tertinggal hanyalah lelahnya, dan setumpuk foto didalam kartu memory dan kamera digital. Urusan lelah bisa diselesaikan dengan istirahat (dan cuti beberapa hari lagi), tetapi urusan foto-foto digital itu sepertinya tidak bisa semudah itu.

Tambahan cuti sehari sepertinya belum tentu cukup untuk mengubah nama beberapa ratus foto – yang aslinya memiliki nama seperti 45929_23.jpg sampai dengan 46603_57.jpg – menjadi sesuatu yang lebih ‘manusiawi’. Lagipula siapa juga yang terlalu rajin (dan memiliki kelebihan waktu) untuk mengubah namanya satu-satu?

Untungnya ada seorang ahli fotografi digital bernama Derrick Story mengajarkan kita cara lain yang lebih mudah untuk melakukannya (berlaku untuk sistem opreasi Windows XP, belum dicoba pada sistem operasi lain):

  • Pertama, buka folder yang berisi foto-foto tersebut dan pilih View –> Thumbnails.
  • Klik gambar terakhir yang ingin anda ganti namanya, tekan Shift lalu klik lagi gambar pertama; ini akan mem-blok semuanya.
  • Klik kanan pada foto pertama dan pilih Rename dari jendela yang muncul.
  • Windows XP akan memilih nama dari foto pertama, mengijinkan anda untuk mengubahnya. Misalnya menjadi “Kebun Raya” (tanpa tanda kutip).
  • Setelah selesai mengetikkan nama baru tersebut, klik dimana saja di daerah putih diluar foto dan anda akan bisa melihat pemandangan menakjubkan dimana Windows akan merubah nama semua foto yang anda pilih barusan menjadi nama baru yang anda berikan dan menambahkan nomer urut dibelakangnya.

Hebat!

Tetapi tentu saja cara yang paling mudah dan bisa digunakan dimana saja adalah dengan menginstall Picasa dan menggunakannya untuk me-manage koleksi foto digital anda. Aplikasi yang katanya merupakan aplikasi album foto terbaik ini disediakan secara gratis oleh Google dan bisa di-download dengan mengklik logo Google Photo Organizer yang ada di pojok kanan atas halaman InterNeTips (bagian atas dari kolom kanan).

Tunggu apa lagi? Klik logo itu sekarang!

[via Rename your digital photos automatically in Windows XP [CNet]]

(Via Lifehacker.)

2 thoughts on “Merubah nama banyak file foto sekaligus”

  1. Iya, ACDSee memang bisa. Tapi resminya dia kan nggak gratis… Tujuan artikel ini kan untuk membantu mereka yang memang nggak punya aplikasi bantuan apa-apa, atau setidaknya resmi dan gratis.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll to Top