Menyimpan resep di Gmail

Kebiasaan lama memang sulit dirubah, juga untuk para ibu-ibu. Yang saya maksudkan disini adalah mengenai kebiasaan mengoleksi (…atau mengkoleksi…?) resep. Setiap kali ketemuan arisan, pasti ada yang namanya bertukar resep. Setelah sibuk saling mencatat, mereka menyimpan semuanya di buku tebal yang berisi kumpulan resep.

Anehnya, saya belum pernah menemukan (kalau memang benar ada) orang yang betul-betul mencoba semua resep yang sudah dikumpulkan. So, semuanya itu memang sekedar memuaskan keingingan seorang kolektor.

Dan di jaman yang serba digital ini, kebiasaan itu masih saja berlanjut. Meskipun sekarang sumber informasi berbagai resep itu tidak hanya datang dari tetangga sebelah, tetapi juga dari internet, proses yang berlangsung masih sama seperti dulu: ketemu resep baru (dengan koneksi komputer kantor) -> print (dengan printer kantor) -> bikin lubang dua di tengah (dengan pembolong – puncher – milik kantor) -> dibawa pulang dan disimpan di binder besar (yang sepertinya juga mengambil dari kantor).

The Parent Hacks blog memberikan ide alternatif tempat yang bisa digunakan untuk menyimpan resep-resep jaman digital itu

yaitu dengan mengirimkannya ke alamat GMail anda. Yang belum punya alamat GMail, bisa menggunakan webmail gratisan lainnya. Dengan kapasitas gila-gilaan – lebih dari 2 giga – yang disediakannya, sepertinya perlu jutaan resep sebelum inbox anda penuh

Dan daripada membolak balik ratusan halaman binder, lebih baik gunakan fitur pencarian yang disediakan oleh GMail. Sebagai tambahan, anda juga bisa mencari tidak hanya berdasarkan nama masakan, tetapi juga bumbu-bumbunya dan berbagai catatan lain yang anda tambahkan disitu. Misalnya: masakan padang, pencuci mulut, terasi+jengkol, dan lainnya. Gunakan kata kunci pencarian. Misalnya seperti –>label:resep ayam+jamur.

Untuk bantuan mengenai kata kunci pencarian lain yang bisa digunakan, silakan kunjungi advanced search operators.

Dan untuk alternatif salah satu tempat mendapatkan resep di internet, boleh coba kunjungi: RecipeThing: Your recipes, at your fingertips.

Saya yakin ibu-ibu lebih banyak tahu mengenai tempat-tempat mendapatkan resep. Kalau memang tahu yang lain, kenapa tidak menyumbangkannya dengan menuliskan alamat tersebut di bagian komentar di bawah.

Selamat memasak

1 thought on “Menyimpan resep di Gmail”

  1. ooh bisa toh? thats cool atuh. gw bisa ngefile other stuff dong ya? but, ehm, got any ideas on other stuff yg other people simpen di gmail?

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll to Top