Mengubah Tequila menjadi berlian

Tequila bottles

Ilmu kimia modern sebetulnya berakar dari ilmu Alkemi yang berusia ribuan tahun dan bertujuan untuk mencari cara mengubah logam menjadi emas. Sekarang, ribuan tahun kemudian, belum ada ilmu yang mampu melakukannya. Tetapi yang sedikit mendekati sudah ada.

Ilmuwan fisika dari National Autonomous University of Mexico, menemukan cara untuk membuat berlian dari Tequila – minuman keras dari daerah tersebut. Proses pembuatannya juga sangat murah. Dengan memanfaatkan Tequila seharga US $ 3.00 saja, mereka mampu menghasilkan butiran kristal berlian. Sayangnya, ukuran kristal berlian sintetis tersebut terlalu kecil untuk bisa dijadikan sebagai perhiasan. Sebegitu kecilnya sehingga hanya bisa dilihat menggunakan mikroskop elektron.

Meskipun demikian, banyak aplikasi industri yang bisa memanfaatkan kristal berlian sintetis ini. Misalnya sebagai alternatif dari silikon dalam pembuatan mikrochip atau sebagai alat pemotong yang sangat presisi untuk bidang kedokteran.

Secara garis besar, proses pembuatan berlian dari Tequila dijelaskan oleh kepala tim ilmuwan itu – Miguel Apatica – kepada BBC, sebagai berikut:

“First of all we turn the liquid tequila into vapour by using a lot of heat. The gas molecules are then broken up into tiny particles. Then we increase the heat even further – to around 800 degrees celsius.””The end result is that we get carbon atoms which are then deposited in the shape of a very thin diamond film,” he added.

Untuk para pria pelit yang ingin memberikan cincin berlian tetapi terhalang keterbatasan dana, penemuan ini bisa dijadikan ide. Berikan saja cincin polos dan katakan bahwa berliannya hanya bisa dilihat dengan mikroskop elektron.

BBC NEWS | Americas | Diamonds produced from tequila

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll to Top