Menemukan anak hilang dengan USB Drive

Find lost child

Yang masih menggunakan disket 3.5″ – 1.44Mb untuk bertukar data harap tunjuk jari! OK, masih banyak juga ya? Itu tandanya anda sudah sangat ketinggalan jaman. Dipelopori oleh Apple beberapa tahun silam, saat ini bisa dibilang bahwa nasib disket itu sudah diambang ajal. Sekarang adalah era USB drive.

Dengan daya tahan fisik yang luar biasa – tidak seperti disket yang mudah sekali melengkung dan rusak, kapasitas penyimpanan yang beberapa (ratus) kali lipat, kemampuan baca-tulis yang jauh lebih cepat, daya tahan baca-tulis yang juga jauh lebih lama, dan tentu saja bentuk yang bisa dibuat lucu dan menarik sehingga bisa digunakan sebagai aksesoris; tidak heran USB drive tidak mampu disaingi oleh disket.

Sekarang tambah satu lagi kelebihannya: mengembalikan anak hilang.

Sebelum berangkat ke Disneyland, seorang blogger yang bernama Erik membeli tiga buah USB Drive kecil seukuran 32Mb (yang sekarang harganya sangat murah), menginstall program Lost Drive dan menggunakannya sebagai kalung untuk kedua anaknya, juga untuk dirinya sendiri dan istrinya.

Program ini akan memunculkan kotak pesan setiap kali dia dihubungkan dengan komputer. Tujuan program ini sebetulnya untuk diisi dengan data pribadi pemilik sehingga memudahkan orang yang menemukan USB drive tersebut – jika hilang, untuk mengembalikan kepada pemiliknya. Tetapi Erik mengisi data tersebut dengan pesan untuk menelepon cellphone-nya jika kebetulan anaknya hilang.

Dan memang itulah yang terjadi, salah satu anaknya hilang di Disneyland. Tetapi 13 menit setelah Erik menyadarinya, telepon genggamnya berbunyi. Ternyata anaknya berteriak minta tolong dan kepada petugas keamanan yang menghampirinya, dia meminta untuk menyalakan USB drive tersebut. Sebuah masalah yang biasanya akan berakhir dengan kepanikan dan trauma bisa selesai dengan baik. Semua orang merasa kagum dengan pemikiran Erik, dan sepertinya mereka juga akan mengikuti jejaknya.

Satu lagi contoh bagaimana teknologi bisa membantu hidup manusia.

technorati tags:missing, child, usb, drive

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll to Top