Komputer pertama dari 2000 tahun silam

Tahun 1901 ditemukanlah kotak di dasar lautan di dalam kapal karam yang berusia 2000 tahun di dasar lautan Mediterania. Sejak saat itu terjadi perdebatan mengenai kotak yang dijuluki ‘Antikythera Mechanism’. Karena kerumitannya, tidak sedikit yang menduga bahwa benda tersebut berasal dari luar angkasa. Dan karena tulisan Yunani bertebaran di tubuh benda tersebut, banyak juga yang menyimpulkan bahwa sebetulnya orang-orang Yunani adalah para Alien yang berasal dari planet lain. Para ahli yang lebih skeptis mengatakan bahwa benda tersebut hanyalah semacam alat petunjuk waktu atau alat bantu navigasi.

Setelah bertahun-tahun menjadi misteri, tim peneliti internasional meng-klaim bahwa mereka sudah memecahkan fungsi dan asal muasal benda tersebut. Dengan bantuan mesin-mesin X-ray mereka sedikit demi sedikit berhasil menterjemahkan berbagai teks yang ada di bagian dalam benda tersebut, dan ternyata itu adalah mesin astronomi untuk mengikuti siklus benda-benda angkasa termasuk matahari, bulan, dan planet.

Secara teknis benda tersebut bisa digolongkan sebagai komputer. Dan itu berarti orang-orang Yunani sudah sedemikian canggihnya dalam bidang teknologi sehingga sudah bisa membangun sebuah komputer lebih dari 2000 tahun yang lalu. Ketika itu orang Indonesia sepertinya masih berusaha berjalan tegak…

Mungkin memang orang Yunani adalah para Alien?

The First Computer – – science news articles online technology magazine articles The First Computer

technorati tags:computer, news, history

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll to Top