Komputer "One Laptop Per Child" berganti nama menjadi "Children's Machine 1"

Adalah seorang dedengkot dunia Internet – namanya oom Nicholas Negroponte – yang mempunyai ambisi untuk meletakkan satu laptop di tangan setiap anak di seluruh dunia. Dia menawarkan proyek belanja ini ke pemerintah dari berbagai negara berkembang (anehnya Indonesia tidak – mungkin dia tahu bagaimana sifat orang-orangnya…) laptop sederhana seharga $100 per unit.

Tujuannya mulia, untuk membuat generasi berikutnya dari penduduk dunia ‘melek’ komputer. Meskipun kita tidak tahu juga apakah ada faktor bisnisnya dibelakang semua itu.

Dengan tanggapan yang agak ‘adem-ayem’ saja dari sebagian besar calon konsumennya – padahal proyek ini sudah dengan heboh diluncurkan oleh boss besar-nya PBB segala – proyek tetap berlanjut. Tetapi sekarang berganti nama menjadi Children’s Machine 1

olpcnew.jpg

Mesin yang dikembangkan oleh MIT ini tidak lagi dibandrol seharga seratus dollar tetapi naik sedikit ke $ 140. Mungkin kontraktor proyeknya juga merasa tidak sanggup menyediakan laptop – seberapa tidak canggihnya pun itu – dengan harga dibawah satu juta. Jengankan mereka, para ahli jangkrik di Mangga Dua juga sepertinya akan angkat tangan.

Ada yang merasa tertantang? Silakan coba rakit sendiri dengan menggunakan spesifikasi resmi dari isi perutnya seperti berikut ini: 400MHz AMD Geode Processor, 128MB RAM, 512MB flash memory, SD card slot, plug untuk mikrofon dan speaker, kamera digital camera dan layar LCD 8 inci dengan resolusi 1200×900.

Angkat topi untuk kemampuan menekan biaya dan – tentu saja – niat mulia yang ingin dicapai oleh proyek ini.

[via Ars Technica]

(Via Gizmodo.)

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll to Top