iTunes Store tanpa DRM?

Sorry, Pirates: DRM-free iTunes Songs Have Embedded User Info

itunesplussonghasname2.jpg

Mungkin bagi kebanyakan orang Indonesia, artikel ini tidak ada artinya sama sekali. Lagipula, siapa juga yang perduli dengan yang namanya DRM? Tetapi bagi mereka-mereka yang tidak mau membajak atau berpikir untuk mulai membeli lagu dengan jujur, ada kabar gembira. Sekarang iTunes Store sudah menyediakan lagu-lagu yang bebas DRM. Ini artinya anda bisa memutarnya di perangkat yang bukan iPod.

Tetapi untuk mereka-mereka yang melihat ini sebagai kesempatan lain untuk membajak, mohon berhati-hati karena ternyata setiap lagu akan dilengkapi dengan informasi penggunanya. Jadi jika ada lagu dari iTunes Store yang tersebar luas di Internet, bisa dengan mudah dilacak dari mana lagu itu bersumber.

Meskipun demikian, seperti yang sudah disebutkan di atas, bagi kebanyakan orang Indonesia topik ini tidak ada artinya sama sekali. Kita sudah sebegitu terbiasanya membajak sehingga anda bisa dengan mudah menemukan orang yang bertanya, “Membeli lagu secara resmi? Memangnya yang selama ini kita beli nggak resmi?” (Sambil menunjukkan kepingan CD MP3 seharga lima ribu rupiah yang berisi beberapa ratus lagu.)

TUAW Tip: Don’t Torrent That Song… [TUAW]

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll to Top