Volunteer your computer’s idle time to good causes

boinc.png

Judul yang aneh, tetapi memang seperti itulah yang terjadi. Jika komputer anda di rumah maupun kantor tidak pernah mati (yang sebetulnya sangat beresiko untuk mesin-mesin Windows), kenapa tidak menyumbangkan saat-saat ‘nganggur’-nya di malam hari untuk membantu membuat dunia menjadi sedikit lebih baik?

Bergabunglah dengan proyek ilmiah Berkeley Open Infrastructure for Network Computing project (disingkat sebagai BOINC!). Jika anda mensinkronisasikan komputer anda dengan server mereka (tentu saja memerlukan koneksi internet yang juga tidak terbatas – … mau berbuat baik saja biayanya mahal banget …), kemampuan prosesor-nya yang tidak terpakai akan dimanfaatkan untuk membantu memroses data proyek-proyek besar dunia.

Termasuk didalamnya adalah proyek SETI@Home (yang sedang mencari sinyal kehidupan dari luar angkasa), juga proyek-proyek lain yang perlu kemampuan prosesor yang sangat besar untuk menyembuhkan berbagai penyakit, mempelajari pemanasan global, mencari pulsar, dan lain sebagainya.

Yang harus dilakukan hanyalah men-download dan meng-install screensaver-nya, lalu menentukan persentase penggunaan komputer anda oleh masing-masing proyek. Setelah itu biarkan dia dan koneksi internetnya menyala terus sepanjang tidak dipergunakan. Dan siap-siap merogoh kocek anda lebih dalam…

Posted by:thurana

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.