Bagaimana cara menulis Blog Pribadi di Instagram? Ini panduan dan tutorial untuk mengubah tipe profil akun Instagram kamu sebagai tulisan blog pribadi di IG.

Akhir2 ini banyak orang yang menggunakan IG sebagai blog pribadi di dunia digital – meskipun mungkin lebih tepat disebut visual blog karena Instagram adalah sosial media yang sangat mengutamakan informasi berbentuk konten gambar dan video. Para visual blogger ini memunculkan tulisan blog pribadi di IG profil mereka.

Bagaimana cara menulis Blog Pribadi di Instagram (IG)? Kamu harus mengubah tipe akun kamu menjadi akun Instagram bisnis, lalu mengedit dan memunculkan tulisan tersebut di profil. Untuk yang penasaran ingin tahu lebih detail tutorial cara membuat blog pribadi di IG, silakan baca terus panduan ini.

Kelebihan (dan Kekurangan) Akun Instagram Bisnis

01 Kelebihan dan kekurangan akun instagram bisnis Internetips - Cara Membuat dan Menulis Blog Pribadi di Instagram (IG)

Syarat pertama untuk menampilkan tulisan blog pribadi Instagram adalah mengubah akun pribadi ke akun profesional atau beralih ke akun bisnis terlebih dahulu. Tetapi ada banyak manfaat lain yang bisa didapatkan dengan memiliki akun professional Instagram. Yang paling utama adalah berlimpahnya statistik akun, data khusus yang bisa dianalisa dan digunakan untuk meningkatkan performa dan memperluas jangkauan akun bisnis Instagram kamu.

Dari salah satu fitur Insight yang ada di bawah profil akun Instagram kamu (atau lewat Professional Dashboard), ada banyak keterangan tentang pengguna instagram yang berinteraksi dengan akun kamu seperti:

  • Jumlah interaksi dari setiap postingan
  • Demografi pengunjung seperti usia, gender, dan tempat asal pengunjung
  • Kapan waktu mereka berkunjung

Tetapi beralih ke akun professional juga ada kekurangannya. Oleh karena itu, untuk mereka yang lebih memilih untuk membuat akunnya private dan tidak sembarang orang bisa melihat, sebaiknya kalian tetap mempertahankan akun pribadi saja dan tidak mengubah profil Instagram. Karena berbeda dengan akun pribadi, akun yang diubah menjadi akun profesional tidak bisa di-private.

Bagaimana Cara Menulis Blog Pribadi di Instagram?

02 Bagaimana Cara Agar di IG Ada Tulisan Blog Pribadi? Internetips - Cara Membuat dan Menulis Blog Pribadi di Instagram (IG)

Lalu bagaimana cara membuat blog pribadi di Instagram? Berikut adalah cara yang bisa dilakukan dengan mudah agar di IG ada tulisan blog pribadi (atau Personal blog – jika aku Instagram kamu menggunakan bahasa Inggris):

01. Masuk ke profil Instagram

Setelah mendownload dan menginstall, buka aplikasi dan login ke akun Instagram di smartphone atau hp (baik Android ataupun iPhone). Masuklah ke bagian Profil dengan mengklik menu atau ikon di pojok kanan bawah.

02. Edit Profil

Setelah itu klik tombol “Edit Profile” di bawah nama akun lalu klik konfirmasi untuk Beralih ke Akun Profesional (atau Switch to professional account – jika akun Instagram kamu menggunakan bahasa Inggris).

02 A Beralih ke Akun Professional Internetips - Cara Menulis Blog Pribadi di Instagram (IG)

03. Ikuti Prosesnya

Di layar kamu akan muncul pop-up yang akan membimbing kamu dalam proses perubahan akun Instagram (yang merupakan bagian dari akun Facebook) kamu dari akun Private menjadi akun Profesional.

Layar pertama intinya adalah menyatakan bahwa proses ini Gratis alias tidak dipungut biaya – dan memberikan berbagai keuntungan berupa insight yang ada di akun kamu.

Layar-layar berikutnya akan menjelaskan sedikit tentang masing-masing keuntungan tersebut.

02 B Beralih ke Akun Professional Internetips - Cara Menulis Blog Pribadi di Instagram (IG)

04. Pilih Deskripsi Yang Kamu Inginkan

Di langkah selanjutnya, kamu bisa memilih deskripsi yang diinginkan tentang akun tersebut. Jika memang tujuannya adalah untuk menulis blog pribadi, pilihlah deskripsi tersebut (Personal Blog – dalam bahasa Inggris).

Lalu pilih akun Bisnis atau akun Kreator (Business atau Creator).

Sampai sini, kamu sudah berhasil mencapai tujuan – mengetahui cara menulis blog pribadi di Instagram – dan mempercantik akun blog pribadi IG kamu. Selamat!

02 C Deskripsikan dirimu Internetips - Cara Menulis Blog Pribadi di Instagram (IG)

05. Lengkapi Profil

Jika sudah, kamu juga bisa melengkapi profil Instagram kamu. Kalau memang akan digunakan sebagai blog pribadi, tentunya ada alamat website yang bisa ditambahkan disitu. Masukkan saja di bagian Website.

Selain itu, bisa juga ditambahkan sedikit keterangan di bagian Bio. Deskripsikan visual blog kamu dengan menarik supaya para pengunjung juga tertarik untuk tahu lebih jauh.

02 D Lengkapi Profil Internetips - Cara Menulis Blog Pribadi di Instagram (IG)

Dan jika semua sudah selesai, kamu bisa lihat munculnya tulisan Blog Pribadi di bio Instagram kamu yang sudah berubah menjadi akun kreator atau bisnis.

02 E Blog Pribadi di Instagram Internetips - Cara Menulis Blog Pribadi di Instagram (IG)

Cara Mudah Mengubah Kategori Blog Pribadi di Instagram

03 Cara Mudah Mengubah Kategori Blog Pribadi di Instagram Internetips - Cara Membuat dan Menulis Blog Pribadi di Instagram (IG)

Sebagai catatan, jika kamu ingin mengganti kategori blog pribadi di akun Instagram, ada lebih banyak deskripsi lain yang bisa dipilih. Tidak hanya Website, Blogger, atau Gamer; tetapi ada juga alternatif lain seperti Penulis, Musisi, Restoran, Fotografer, dan lain sebagainya.

Kamu bisa merubah kategori dengan mudah hanya dalam beberapa menit. Pilih kategori yang sesuai dengan tujuan akun. Untuk mengaksesnya, pilih pengaturan menu Edit Profil > Kategori.

03 Mengganti Deskripsi Internetips - Cara Menulis Blog Pribadi di Instagram (IG)

Mengisi Konten Tulisan Blog Pribadi di IG

04 Mengisi Konten Tulisan Blog Pribadi di IG Internetips - Cara Membuat dan Menulis Blog Pribadi di Instagram (IG)

Setelah mengetahui cara menulis blog pribadi di Instagram dan memiliki visual blog, ide atau konten apa yang bisa digunakan untuk mengisinya?

Sebetulnya, blog bisa diisi dengan tema dan topik apapun. Tetapi ada baiknya untuk memilih satu tema utama sebagai inspirasi atau ide untuk postingan yang digunakan. Misalnya untuk mereka yang suka journaling, buatlah postingan seputar proses pembuatannya dan hasil-hasil journaling yang sudah kamu buat. Sementara itu, cari tahu lebih banyak tentang topik yang digeluti sehingga kamu bisa terus berkarya.

Atau bisa juga bagi mereka yang sedang membangun bisnis, sesuaikan isi Instagram dengan bisnis yang kamu jalankan. Misalnya testimoni (yang baik) dari konsumen yang menggunakan produk bisnis kamu, keseharian menjalankan bisnis, hal-hal menarik yang berkaitan dengan dunia yang kamu geluti, sampai katalog produk yang dimiliki.

Dengan begitu kamu bisa lebih mudah mengisi postingan yang muncul di akun IG tanpa capek dan tanpa perlu mencari pegawai khusus yang membuat postingan di sosial media. Terbuka juga kemungkinan followers kamu tertarik jadi konsumen dan akan membeli produk yang kamu tawarkan.

Entah apapun topiknya, akun manapun akan bisa sukses apabila dikelola dengan baik. Konten yang banyak itu keharusan, tapi pastikan halaman IG kamu juga berisi konten yang bermanfaat. Kamu tidak harus selalu memproduksi konten baru yang viral, tetapi bisa juga mendaur ulang konten-konten lama.

Satu catatan bagi kamu yang berbisnis, jangan lupa mengubah akun kamu menjadi akun bisnis dan juga melengkapi profil bisnis.

Cara Menghapus Tulisan Blog Pribadi di Instagram

05 Cara Menghapus Tulisan Blog Pribadi di Instagram Internetips - Cara Membuat dan Menulis Blog Pribadi di Instagram (IG)

Untuk mereka yang mencoba-coba, tetapi ternyata lebih suka kembali menggunakan akun biasa – mungkin karena masalah privasi atau lainnya; kamu bisa melakukannya. Cara ini akan sekaligus menghapus tulisan blog pribadi di profil Instagram.

Bagaimana cara mengembalikannya? Kita akan membahas langkah-langkahnya dibawah ini.

01. Masuk ke Profil Instagram

Untuk menghapus akun professional dan kembali menggunakan personal account, kita tidak bisa menempuh jalur yang sama dengan yang sudah dijelaskan di atas. Pertama-tama seperti biasa buka halaman profil akun IG kamu (klik ikon di pojok kanan bawah). Lalu klik hamburger menu (tiga garis) di pojok kanan atas.

02. Pilih Pengaturan

Dari menu pilihan yang muncul, klik Pengaturan atau Settings dilanjutkan dengan Account.

05 A Menghapus blog pribadi Internetips - Cara Menulis Blog Pribadi di Instagram (IG)

03. Mengganti Jenis Akun

Turunlah ke bagian paling bawah dari layar Akun (Account) lalu pilih Ganti tipe akun (Switch account type).

Instagram akan bertanya kamu mau mengganti ke tipe akun yang mana? Jika akun kamu saat ini adalah tipe Bisnis, kamu bisa menggantinya menjadi akun Pribadi (Personal) atau akun Kreator (Creator). Atau sebaliknya, jika saat ini kamu memiliki akun Kreator, kamu bisa beralih ke akun pribadi atau bisnis.

Kalau memang concern untuk penggantian ini adalah masalah privasi, pilihlah akun Personal.

Setelah memilih itu, di layar akan muncul konfirmasi apakah benar kamu ingin mengganti jenis akun Instagram kamu? Klik Switch to personal account untuk konfirmasi.

05 B Beralih ke akun pribadi Internetips - Cara Menulis Blog Pribadi di Instagram (IG)

Dengan demikian kamu sudah berhasil menghapus tulisan blog pribadi di akun IG kamu.

FAQ

1. Apa yang dimaksud dengan Blog pribadi di Instagram?

Blog pribadi di instagram adalah salah satu kategori dari akun profesional di Instagram. Siapa saja bisa mengaktifkan blog pribadinya secara gratis. Blog pribadi di Instagram bisa digunakan untuk berbagi pemikiran, ide, dan pendapat melalui foto dan video.

2. Bagaimana cara mengubah akun bisnis ke akun pribadi di Instagram?

Cara mengubah akun bisnis ke akun pribadi adalah dengan me-non-aktifkan akun bisnis itu lewat menu Pengaturan > Akun > Ubah Jenis Akun lalu lakukan konfirmasi dengan mengklik Beralih ke Akun Pribadi.

3. Bagaimana cara mengisi blog pribadi di IG?

Cara mengisi blog pribadi di IG sebetulnya sama dengan mengisi akun biasa di Instagram – bisa menggunakan gambar atau juga video. Jika kita kembali ke fungsi dasarnya, blog adalah tempat untuk berbagi konten. Jadi kamu bisa mengisi blog pribadi kamu dengan apa saja, baik itu pengalaman pribadi atau juga informasi lain yang bermanfaat untuk audience kamu. Beberapa contoh topik yang bisa digunakan adalah: resep makanan, tutorial, review produk, traveling, fitness, dll.

4. Bagaimana cara privasi akun instagram blog pribadi?

Karena blog pribadi adalah salah satu kategori dari akun profesional di Instagram, dan akun Profesional TIDAK BISA dibuat akun Privat, maka kamu tidak bisa melakukannya. Satu-satunya cara untuk mengaktifkan akun Privat adalah dengan terlebih dahulu beralih kembali ke akun Pribadi.

5. Apakah menggunakan akun profesional Instagram berbayar?

Akun profesional Instagram bisa digunakan oleh siapa saja secara gratis atau tidak berbayar.

Penutup: Bukan Akun Instagram Biasa

06 Bukan akun Instagram biasa Internetips - Cara Membuat dan Menulis Blog Pribadi di Instagram (IG)

Demikianlah tutorial cara membuat tulisan blog pribadi di Instagram dengan mudah dan sekaligus cara menghapus blog pribadi di instagram.

Ada banyak kategori yang bisa kamu pilih, antara lain penulis, editor, dan kreator digital. Tetapi apapun itu, jangan lupa untuk mengisinya dengan konten yang menarik secara teratur. Karena seperti yang kita tahu, kata kunci yang tepat untuk ber-sosial-media adalah konsistensi.

Semoga artikel ini bisa bermanfaat. Jika kamu suka artikel ini, silahkan baca juga artikel lainnya di blog InterNeTips ini seperti Tanda Tanya Terbalik, Lompat Tali Tanpa Tali, atau Menambahkan Gambar Cover Album.

5 replies on “Begini Cara Menulis Blog Pribadi di Instagram Dengan Mudah

Leave a Reply

Your email address will not be published.