Mencoba Sistem Operasi Apa Saja Di Dalam Sistem Operasi Apa Saja

VirtualBox

VirtualBox

Ada kalanya Anda ingin mencoba sistem operasi baru di komputer Anda tetapi terlalu takut untuk melewati proses back up, format Hard Disk, re-install, mengembalikan data yang sudah di back-up, dan yang paling penting: mengulang semuanya sekali lagi dengan sistem operasi yang lama jika ternyata yang Anda coba tidak sesuai dengan harapan.

Apakah tidak ada metode lain yang bisa digunakan untuk menginstall sistem operasi lain tanpa mengganggu yang sudah ada? Untuk tujuan itu, Anda bisa menggunakan aplikasi virtualisasi yang akan membuat “lingkungan komputer tiruan” atau lebih tepatnya “komputer virtual” di dalam komputer. Setelah lingkungan tiruan itu dibuat, Anda bisa menginstall sistem operasi apa saja di situ dengan aman. Dan jika sistem operasi tambahan itu sudah tidak diinginkan, Anda bisa dengan mudah menghapus komputer vitual tersebut tanpa harus berpusing-pusing.

Ada banyak aplikasi virtualisasi yang tersedia di luar sana, tetapi kebanyakan dari mereka tidak gratis. Salah satu yang paling kompatibel dan gratis adalah VirtualBox. Aplikasi ini bisa diinstall di Windows, Linux, Macintosh, dan Solaris; dan bisa menjalankan berbagai sistem operasi seperti: Windows (NT 4.0, 2000, XP, Server 2003, Vista, Windows 7), DOS/Windows 3.x, Linux (2.4 and 2.6), Solaris dan OpenSolaris, OS/2, dan OpenBSD dalam lingkungan virtual.

Tetapi ada satu kekurangan yang harus diingat jika Anda menggunakan sistem operasi dengan virtualisasi: karena dia berjalan di bawah sistem operasi lain, maka semua sumber daya yang dimiliki tentu saja dibagi dengan komputer induk-nya. Jadi jangan harap bisa menjalankan sistem operasi secara full power dengan metode ini.

Klik di sini untuk mendownload VirtualBox.

Selamat mencoba.