Orang-orang Pendidikan Yang AMAT SANGAT Bodoh!

Siang ini saya terpaksa bangun dari pertapaan saya dan menyempatkan diri untuk melakukan posting tentang topik yang satu ini. Isu-isunya mulai ramai dibicarakan di dunia maya dan bisa dipastikan bahwa sebentar lagi akan muncul di media massa. Dan karena tidak ada orang yang bisa menghentikan aliran air, yang bisa kita lakukan hanyalah mengantisipasi kedatangannya sebaik mungkin.

Inti sari berita yang datang dari berbagai situs blog, milis dan twitter tersebut adalah:

Departemen Pendidikan Indonesia yang seharusnya berisi orang-orang yang sangat pandai (pendidik, gitu lho!) entah berdasarkan pemikiran apa (kalau memang mereka bisa) dengan sengaja meletakkan daftar data-data pribadi dari sekitar 36 JUTA siswa sekolah yang ada di Indonesia lengkap dengan segala informasinya (termasuk alamat rumah!) dalam format xls dan bisa diunduh dengan bebas oleh siapa saja!

Saya tidak bisa menemukan kata yang cukup sopan untuk menggambarkan tingkat intelegensia yang berada jauh dibawah sekedar AMAT SANGAT BODOH dari orang-orang yang melakukan tindakan ini. Kita tidak usah berbicara terlalu jauh mengenai penculikan, pelecehan atau penguntitan dulu, tetapi bahkan orang idiot juga tahu bahwa data-data ini bisa dieksploitasi oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab.

Jadi saya minta tolong pada semua anggota komunitas dunia maya yang memiliki akses ke orang-orang yang merasa dirinya kelewat pandai itu untuk dengan segera menarik data-data tersebut secepat mungkin sehingga ketika media massa akhirnya mengangkat masalah ini ke publik (hanya tinggal menunggu waktu), data-data tersebut sudah tidak tersedia lagi. Tentu saja tugas yang lebih sulit adalah meyakinkan Google dan para mesin pencari lainnya untuk juga ikut menarik cache dari 36 juta-an lebih data-data tersebut.

Anda juga bisa membantu dengan menyebarluaskan berita ini (bisa dengan mengirimkan link dari posting ini) lewat email atau sarana komunikasi lainnya.

Mari kita selamatkan anak-anak kita dan jangan biarkan orang-orang sok pintar itu diam-diam bersembunyi atau mencari kambing hitam untuk kesalahan fatal yang mereka lakukan.

Berikut adalah link ke posting-posting lain yang juga membahas cerita yang sama:

Tags: , , ,