Mengkonversi Dan Mengunduh Web Video Dengan Zamzar

YouTube

YouTube

Jika beberapa tahun yang lalu anda membangun sebuah situs yang berisi file-file video, bisa dipastikan bahwa hampir tidak akan ada orang yang mau mengunjunginya. Alasannya sederhana, butuh waktu berjam-jam hanya untuk menampilkan satu halaman saja. Tetapi saat ini situs video seperti YouTube bertebaran dimana-mana. Bahkan situs-situs blog pribadi juga tidak mau kalah dalam hal tersebut.

Tidak bisa disangkal lagi bahwa seiring dengan semakin meningkatnya kualitas koneksi internet secara umum di seluruh dunia, berbagai file multimedia berukuran besar tidak lagi menjadi benda asing yang menakutkan.

Dengan sedemikian banyaknya file video yang bertebaran di dunia maya, tentu saja kita akan sering menemukan video menarik yang layak untuk ditonton berulang-ulang dan mungkin dijadikan koleksi pribadi. Masalahnya, proses men-download YouTube atau file online video itu tidak semudah mengunduh file lain. Para penyedia layanan ini membatasi penggunanya untuk bisa menonton video hanya secara online. Istilahnya adalah content streaming. Tujuannya tentu saja supaya situs mereka terus menerus dikunjungi orang.

Zamzar Yang Serba Bisa

Ada beberapa cara alternatif yang bisa kita gunakan untuk mendownload web video, yang akan kita bahas pada beberapa artikel. Salah satu penyedia layanan seperti ini yang bisa dijadikan pilihan adalah Zamzar. Dengan layanan ini, kita tidak saja bisa mengunduh file multimedia, tetapi juga menkonversikan file tersebut ke format yang kita inginkan.

Zamzar

Zamzar

Cara menggunakan layanan ini adalah sebagai berikut:

  1. Buka halaman Zamzar untuk mengkonversi file online.
    Convert

    Convert

  2. Masukkan alamat file video tersebut. Misalnya: www.youtube.com/watch?v=vAH3AeFy0SY
  3. Pilih format hasil konversi file yang diinginkan. Jika anda memiliki iPod, misalnya, pilihlah format iPod (mp4).
  4. Masukkan alamat email anda.
  5. Klik Convert
  6. Sebuah jendela konfirmasi akan muncul. Klik OK.
  7. Tunggu beberapa saat, anda akan mendapatkan email alamat download.
  8. Silakan unduh file tersebut sebelum 24 jam. Karena untuk layanan gratisannya, Zamzar hanya akan menyimpan file anda selama 24 jam. Setelah itu akan langsung dihapus.

Zamzar juga bisa digunakan untuk mengkonversi file-file tipe lain seperti suara, dokumen, gambar, dan kompresi.

Artikel bagian berikutnya akan membahas mengenai alternatif  aplikasi online dan desktop lainnya yang juga bisa digunakan untuk (mengkonversi dan) mengunduh web video.