Computing

Mencoba Sistem Operasi Apa Saja Di Dalam Sistem Operasi Apa Saja

VirtualBox

VirtualBox

Ada kalanya Anda ingin mencoba sistem operasi baru di komputer Anda tetapi terlalu takut untuk melewati proses back up, format Hard Disk, re-install, mengembalikan data yang sudah di back-up, dan yang paling penting: mengulang semuanya sekali lagi dengan sistem operasi yang lama jika ternyata yang Anda coba tidak sesuai dengan harapan.

Apakah tidak ada metode lain yang bisa digunakan untuk menginstall sistem operasi lain tanpa mengganggu yang sudah ada? Untuk tujuan itu, Anda bisa menggunakan aplikasi virtualisasi yang akan membuat “lingkungan komputer tiruan” atau lebih tepatnya “komputer virtual” di dalam komputer. Setelah lingkungan tiruan itu dibuat, Anda bisa menginstall sistem operasi apa saja di situ dengan aman. Dan jika sistem operasi tambahan itu sudah tidak diinginkan, Anda bisa dengan mudah menghapus komputer vitual tersebut tanpa harus berpusing-pusing.

Ada banyak aplikasi virtualisasi yang tersedia di luar sana, tetapi kebanyakan dari mereka tidak gratis. Salah satu yang paling kompatibel dan gratis adalah …baca lanjutannya…

Berlangganan Film-Film TV Kabel Secara Gratis

Berlangganan Film-Film TV Kabel Secara Gratis

TVShows 2

TVShows 2

Jika anda tinggal di Indonesia dan memiliki TV di rumah, anda punya dua pilihan: membiarkan diri anda dicekoki oleh berbagai acara TV yang menghina kecerdasan manusia dan menggerogoti moral kita, atau sama sekali tidak menonton acara-acara dari stasiun TV Indonesia.

Mereka-mereka yang cukup beruntung bisa melarikan diri ke TV berbayar untuk mendapatkan tontonan berkualitas. Tetapi bagaimana dengan sisanya yang tidak memiliki akses ke TV berbayar? Jika komputer anda terkonesi ke internet, anda bisa berlangganan film-film TV kabel secara gratis.

Terjemahannya: anda akan selalu mendapatkan episode terbaru dari film-film TV favorit anda secara otomatis, dan anda bisa menontonnya kapan saja.

Penasaran? Silakan lanjutkan membaca.
…baca lanjutannya…

Gratis EASEUS Partition Master – berlaku 24 jam saja

Untuk yang membutuhkan tool untuk me-”manage” partisi hard disk-nya, ini ada satu aplikasi bagus yang seharusnya berharga sekitar lima ratus ribu rupiah tetapi dibagikan secara gratis. Hanya untuk hari ini saja. Jadi tunggu apa lagi? Download sekarang. Ini artikel aslinya:

easus-pm-freeWe have previously covered how to use the free Easus Partition Master Home edition to resize your hard disk. If you have used and loved the software, then you are now in for a good treat.MakeTechEasier has collaborated with Partition-Tool to offer you a free download of the highly popular Easus Partition Master. In case you are wondering, this is not a demo download. This is the full feature professional edition with licensing. What used to cost $39.95 is now free – for a limited 24 hours and for MakeTechEasier readers only.

Download EASEUS Partition Master For Free – 24 Hours Only – Make Tech Easier

Burung Menyanyi Saingan iTunes

Songbird
Mozilla baru saja meluncurkan versi 1.0 dari aplikasi pemutar musik digital open source yang bernama Songbird. Tampilannya sangat mirip – atau dengan sengaja dibuat mirip – dengan iTunes, pemutar multimedia digital dari Apple.

Mengenai performa dan fitur-fiturnya, silakan dicoba saja dulu sendiri. Klik di sini untuk mendownload satu dari berbagai versinya sesuai dengan sistem operasi yang anda gunakan.

Sementara itu, sepertinya hidup WinAmp akan semakin sulit saja.

Songbird 1.0

Windows 7 yang (tidak perlu) ditunggu-tunggu?


Jangan tanya kenapa sebagian besar pengguna komputer di dunia masih tahan menggunakan sistem operasi yang ramah dan rentan terhadap virus dan kalah dalam segala bidang dibandingkan dengan sistem operasi lain. Mungkin faktor marketing lebih berperan penting di sini daripada faktor engineering. Anyway, versi terbaru dari sistem operasi tersebut yang resmi bernama Windows 7, sudah mengintip-intip menunggu waktunya unjuk gigi.

Berikut sekilas petikan pembahasan dari situs PCWorld:

At Microsoft’s recent Professional Developers Conference (PDC) in Los Angeles, the air crackled with anticipation. On the heels of Vista, arguably the biggest disaster in Microsoft’s history, Windows 7 was about to be revealed.

Bottom line: So far, Windows 7 looks, behaves, and performs almost exactly like Windows Vista. And it breaks all sorts of things that used to work just fine under Vista. In other words, Microsoft’s follow-up to its most unpopular OS release since Windows Me threatens to deliver zero measurable performance benefits while introducing new and potentially crippling compatibility issues.

Dalam bahasa manusia biasa: sementara ini jangan terlalu berharap dulu dengan Windows 7 karena secara umum dia adalah Vista dengan sedikit perubahan. Dan bukan rahasia lagi bahwa banyak pengguna Vista yang lari terbirit-birit kembali ke XP atau bahkan pindah ke Mac OS X. Situs InfoWorld memberikan perbandingan lengkap antara XP dan Vista di artikel Death match: Windows Vista versus XP

Alternatif yang lebih baik daripada membayar mahal untuk sistem operasi yang tidak bisa diandalkan – lambat dan buggy di komputer generasi terbaru yang mahal, tanpa perlu melanggar hukum karena melakukan pembajakan, adalah dengan menggunakan sistem operasi yang gratis dan sangat reliable – Linux. Salah satu yang paling populer adalah Ubuntu 8.04 yang berjalan dengan sangat baik dan sangat cepat bahkan di komputer lawas.

Tags: , , , , ,

Tempat Chatting Online Yang (Belum) Di-Blok Admin


Buat yang hobi chatting, tetapi tidak bisa menyalurkan hasratnya karena berbagai aplikasi chat dan lokasi chatting online selalu di-blok oleh sang admin jaringan, silakan coba situs ini:
AIM Express 7.0 Beta
Lalu klik kotak yang bertuliskan “Launch AIM Express 7.0 Beta”

Sebuah jendela browser baru akan terbuka, dan anda siap ngobrol sepuasnya.

Syaratnya adalah komputer anda sudah memiliki aplikasi Flash. Bukan masalah kecuali komputer anda belum pernah di-update sejak zaman Windows 98. Dan memang kita harus memiliki account AIM, tetapi sepertinya itu juga bukan halangan yang berarti.

Daftar saja. Gratis koq.

Peperangan antar sistem operasi

Mac vs PC

So, para fanboy bersiap-siaplah. Sistem operasi manakah yang paling bagus? Masing-masing boleh berargumen menjagokan pilihannya, tetapi menurut pengujian yang dilakukan oleh PC Magazine – salah satu majalah yang opininya paling dipercaya di dunia perkomputeran dunia – terhadap empat sistem operasi yang paling banyak digunakan (Windows XP, Windows Vista, Linux Ubuntu, dan Mac OS X) pemenangnya adalah…
…baca lanjutannya…

Browsing nyaman dari telepon genggam dengan Opera Mini 4

Setelah tiga beta, Opera Mini 4 akhirnya di-release juga. Mereka yang selama ini merasakan betapa tidak menyenangkannya browsing lewat telepon genggam, sepertinya akan mengubah pendapatnya setelah menginstall browser ini. Telepon genggam yang bisa menggunakan aplikasi ini haruslah sudah mendukung Java (yang sepertinya sudah bukan barang aneh untuk handphone produksi beberapa tahun terakhir), dan tentu saja memiliki koneksi ke internet.


Untuk mendapatkan aplikasinya, arahkan browser handphone anda ke http://www.operamini.com dan ikuti petunjuknya. Sedangkan untuk mendapatkan informasi lebih lanjut, anda bisa menuju ke sini dari browser komputer.

Tags: , , ,

Berbagai cara paling ekstrim untuk mendinginkan PC

Kata siapa komponen elektronik dari sebuah personal computer tidak boleh terkena cairan? Beberapa orang bahkan merendam semua isi perut komputer mereka, demi untuk melewati batasan kecepatan komputer yang ada.

Overclock – memaksa (prosesor) sistem PC untuk bekerja (jauh) di atas kemampuan sebenarnya – adalah kata yang harus paling dihindari oleh mereka yang berjantung lemah. Betapa tidak, kesalahan sedikit saja akan mengakibatkan hancurnya kerja keras dan tentu saja sistem yang berharga tidak murah. Kata kuncinya hanya satu: bagaimana cara menghindari panas yang berlebihan. Banyak ide kreatif yang muncul dalam teori, tetapi tidak banyak yang berani/bisa melakukannya.

Berikut adalah contoh lain dari sistem pendinginan yang paling ekstrim yang diwujudkan oleh salah satu dari gerombolan para penggila overclock.

Dan masih banyak lainnya di sini:
Gallery: Frag Bongs, the Most Extreme PC Cooling Systems

Tags: , ,