6 Aplikasi Desktop Untuk Mengunduh Web Video

Download YouTube

Download YouTube

Melanjutkan artikel sebelumnya tentang men-download YouTube dan web video lainnya, baik menggunakan Zamzar atau juga berbagai alternatif lainnya, tentu saja kita juga bisa menggunakan aplikasi desktop untuk melakukan pengunduhan web video. Keuntungan metode ini adalah membuat proses pengunduhan menjadi sederhana dan langsung, dan pilihan pengunduhan yang lebih banyak. Hal ini disebabkan karena ada beberapa situs video yang tidak bisa ditangani oleh layanan pengunduhan online.

Sementara kekurangannya adalah bahwa aplikasi hanya bisa digunakan dari komputer dimana aplikasi tersebut di-install.

Berikut adalah beberapa aplikasi yang bisa dijadikan pilihan untuk mengunduh video dari dunia maya.

  1. Orbit Downloader– Mungkin ini adalah salah satu aplikasi desktop untuk pengunduhan yang paling bagus. Tidak saja dia bisa digunakan untuk mengunduh video, tetapi juga berbagai jenis file lain dari berbagai jenis situs termasuk situs-situs sosial, YouTube dan bahkan RapidShare. Antarmuka aplikasi ini ramah pengguna dan dia juga tidak boros tenaga sehingga bisa berjalan dengan baik meskipun digunakan pada komputer tua.
    Orbit Downloader

    Orbit Downloader

  2. VDownloader – Ini adalah sebuah aplikasi kecil yang didesain khusus untuk mengunduh video dari berbagai situs dan mengkonversikan hasilnya ke format AVI atau MPG – dua format yang bisa dimainkan oleh hampir semua aplikasi pemutar multimedia.
  3. VideoDownloader – VideoDownloader adalah extension untuk Firefox yang mendukung berbagai situs video (lebih dari 60 situs) seperti Blip.TV, iFilm, dan bahkan situs social networkíng seperti MySpace.
  4. Ares Tube – Aplikasi ini ukurannya sangat kecil dan sangat mudah digunakan. Bisa mengunduh banyak video sekaligus atau sesuai urutan hanya dengan memasukkan URL dari file-nya. Selain itu, Ares Tube juga akan mengkonversikan hasilnya ke berbagai format video populer seperti iPod, MP4, MPG, dan lain-lain.
  5. YouTubeGrabber – Sesuai dengan namanya, ini adalah sebuah program yang didesain untuk melakukan satu hal – mengunduh video dari YouTube. Tidak bisa mengkonversi hasilnya, sehingga pengguna masih memerlukan FLV player untuk bisa menonton videonya.
  6. KeepV – Mengunduh video dari YouTube, MySpace, dan Google lalu mengkonversi hasilnya ke beberapa pilihan format seperti MOV, 3GP, AVI, iPod, atau PSP.

Antara Kata Kunci Dan Suara Hati

Berbekalkan koneksi internet yang baik dan kemampuan untuk memasukkan kata kunci pencarian, anda tidak akan pernah kehabisan bahan tontonan. Ada terlalu banyak materi di dunia maya sehingga tidak akan habis ditonton seumur hidup. Jika diinginkan, mungkin televisi dan bioskop juga bisa ditinggalkan.

Tetapi sepertinya ada sedikit hal yang bisa disampaikan sebagai catatan penutup, bahwa tidak semua video bisa diunduh secara legal dengan gratis. Batasannya hanyalah suara hati anda sendiri.

Artikel ini menutup seri pengunduhan web video. Pada kesempatan lain, kita akan membahas mengenai metode untuk mengkonversi video sehingga bisa kompatibel dengan berbagai perangkat yang anda miliki.